SELAMAT DATANG DI MURSI63. BLOGSPOT.COM MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Senin, 01 November 2010

SAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN

SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 1 )
Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin


Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.

Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.






Tujuan instruksional Khusus : 1. Makna pendidikan menurut teori humanistik



2. makna pendidikan dengan teori progresif



3. makna pendidikan dengan teori konstruktif



4. makna pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara

Pokok Bahasan
: Pemikiran Tokoh Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan







Sub Pokok Bahasan
: 1. Pandangan Kritik Sosial dalam pembelajaran (teori belajar humanistik)



2. Pandangan Progrsif dalam pembelajaran



3.Pandgn Sosiokultural konstruktifis dalam pendidikan



4. Pandangan Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan

Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
: 1








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Perkenalan dan mendata kehadiran mahasiswa 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
Menjelaskan tujuan umum mata kuliah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menjelaskan kewajiban Mahasiswa dalam tutorial 2. Mencatat hal-hal yang penting
Menjejelaskan bentuk tugas / evaluasi yang akan
digunakan serta sistem penilaian.
Menjelaskan diskripsi sisngkat materi tutorial untuk
delapan kali pertemuan.
Menjelaskan tujuan khusus materi tutorial
pertemuan pertama.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 80 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).












Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 20 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 10 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.




























Watukumpul, …………………………..










Tutor






















Drs. MURSIDIN








































































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 2 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.
Tujuan instruksional Khusus : 1. menyebutkan Pengertian Kebudayan




2. menyebutkan Unsur kebudayaan




3. mengerti Fungsi pendidikan dalam kaitanya dengan kebudayaan

Pokok Bahasan
: Ruang Lingkup Kebudayaan dalam pendidikan

Sub Pokok Bahasan
: 1. Hakikat Kebudayaan




2. Unsusr-unsur Kebudayaan




3. Peran pendidikan dalam kebudayaan


Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
: 2








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan kedua.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 80 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).
























Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 20 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 10 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.




























Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN








































































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 3 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.






Tujuan instruksional Khusus : 1. Menjelaskan arah pendidikan menuju arah yang demokratisasi



2. Menjelaskan konsep pembelajaran berwawasan masyarakat







Pokok Bahasan
: Pembelajaran Berwawasan kemasyarakatan







Sub Pokok Bahasan
: 1. Arah baru pendidikan kearah demokratisasi



2. Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan

Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
; 3








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan ketiga.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 55 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).


















Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 10 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 5 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.
TUGAS TUTORIAL PERTAMA 45 MENIT


































Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN



























































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 4 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.
Tujuan instruksional Khusus : 1. Menjelaskan satuan dan program pendidikan di masyarakat



2. Menjelaskan pendekatan pembelajaran dalam berbagai satuan pendidikan di masyarakat






Pokok Bahasan
: Satuan dan Program Pendidikan di masyarakat

Sub Pokok Bahasan
: 1. Satuan dan Program pendidikan di masyarakat



2. Pendekatan Pembelajaran dalam berbagai satuan pendidikan di masyarakat







Model Tutorial
: Patut I dan Patut II

Pertemuan Ke
; 4







Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan empat.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 80 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).


















Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 20 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 10 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.














































Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN






















































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 5 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.
Tujuan instruksional Khusus : 1. Melakukan bimbingan terhadap WB Buta Aksara



2. Memotivasi Masyarakat agar senang membaca melalui TBM



3. Membimbing para pemuda melalui berbagai kegiatan dalam organisasi kepemudaan yang ada






Pokok Bahasan
: Program Keaksaraan, Taman Bacaan Masyarakat dan Kepudaan

Sub Pokok Bahasan
: 1. Program pemberantasan kebuta aksaraan



2. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat



3. Program Pembinaan Kepemudaan


Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
; 5








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan lima.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 60 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).


















Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 15 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 5 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.
TUGAS TUTORIAL KEDUA 30 MENIT














































Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN





















































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 6 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.






Tujuan instruksional Khusus : 1. Menjelaskan konsep dasar pembelajaran multikultural



2. Menjelaskan berbagai strategi pengelolaan pembelajaran multikultural



3. Menjelaskan prosedur pengelolaan pembelajaran multikultural

Pokok Bahasan
: Pembelajaran Multikultural


Sub Pokok Bahasan
: 1. Konsep dasar pembelajaran multikultural



2. Strategi pengelolaan pembelajaran multikultural



3. Prosedur pengelolaan pembelajaran multikultural

Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
; 6








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan keenam.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 80 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).


















Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 20 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 10 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.


































Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN


































































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 7 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.
Tujuan instruksional Khusus : 1. Menjelaskan konsep lifeskills dalam pendidikan



2. Menguraikan jenis-jenis lifeskills menurut beberapa pendapat ahli pendidikan



3. Menjelaskan pola penyelenggaraan lifeskills yang berwawasan kemasyarakatan

Pokok Bahasan
: Muatan Lifeskills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan

Sub Pokok Bahasan
: 1. Konsep dasar lifeskills




2. Jenis-jenis lifeskills




3. Pola penyelenggaraan lifeskills yang berwawasan kemasyarakatan

Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
; 7








Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan ketujug.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 80 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).
























Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 20 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 10 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.




























Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN








































































SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL
( SAT 8 )






Mata Kuliah / SKS
: PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS

Semester
: VII ( tujuh )


Nama Tutor
: Drs. Mursidin








Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial


serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik,


pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat.







Tujuan Instruksional Umum : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan


kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan


praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial.






Tujuan instruksional Khusus : 1. Menjelaskan model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan


2. Menjelaskan model pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan


3. Menjelaskan model pembelajaran mandiri dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan






Pokok Bahasan
: Model-model pembelajaran sosial


Sub Pokok Bahasan
: 1. model pembelajaran partisipatif




2. model pembelajaran kontekstual




3. model pembelajaran mandiri


Model Tutorial
: Patut I dan Patut II


Pertemuan Ke
; 8


Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Media
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Pembukaan Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan 1. Memperhatikan dan bertanya pada 10 menit a. Spidol
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah tutor jika ada yang tidak jelas. b. Whiteboard
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa 2. Mencatat hal-hal yang penting
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara
singkat dijelaskan solusinya.
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus
materi tutorial pertemuan lima.
Pengembangan Konsep Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang 1. Membaca ulang materi dalam modul 60 menit
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan 2. Menjawab pertanyaan
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di
rumah ).


















Tahap Rincian Kegiatan Estimasi Keterangan
Kegiatan Tutor Mahasiswa Waktu
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang 1. Mengemukakan permasalahan yang
materi modul atas pertanyaan yang diajukan dihadapi ketika mempelajari modul
mahasiswa. 2. Memperhatikan penjelasan tutor
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat Menjawab pertanyaan tutor.
pemahaman mahasiswa.
Penerapan Memberikan soal sebagai latihan 1. Mengerjkan soal 15 menit
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi 2. Secara aktif mempresentasi jawaban
kan jawabannya. nya di depan kelas.
Penutup Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- Bersama tutor menggarisbawahi konsep 5 menit
konsep penting yang harus dipahami dan diingat konsep penting yang harus dipahami dan
mahasiswa. ingat.
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor.
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari Memperhatikan
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya.
TUGAS TUTORIAL KETIGA 30 MENIT


































Watukumpul, …………………………..
















Tutor






















Drs. MURSIDIN