SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 1 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Makna pendidikan menurut teori humanistik | ||||
2. makna pendidikan dengan teori progresif | |||||
3. makna pendidikan dengan teori konstruktif | |||||
4. makna pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara | |||||
Pokok Bahasan | : Pemikiran Tokoh Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Pandangan Kritik Sosial dalam pembelajaran (teori belajar humanistik) | ||||
2. Pandangan Progrsif dalam pembelajaran | |||||
3.Pandgn Sosiokultural konstruktifis dalam pendidikan | |||||
4. Pandangan Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | : 1 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Perkenalan dan mendata kehadiran mahasiswa | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
Menjelaskan tujuan umum mata kuliah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menjelaskan kewajiban Mahasiswa dalam tutorial | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
Menjejelaskan bentuk tugas / evaluasi yang akan | |||||
digunakan serta sistem penilaian. | |||||
Menjelaskan diskripsi sisngkat materi tutorial untuk | |||||
delapan kali pertemuan. | |||||
Menjelaskan tujuan khusus materi tutorial | |||||
pertemuan pertama. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 80 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 20 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 10 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 2 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. menyebutkan Pengertian Kebudayan | ||||
2. menyebutkan Unsur kebudayaan | |||||
3. mengerti Fungsi pendidikan dalam kaitanya dengan kebudayaan | |||||
Pokok Bahasan | : Ruang Lingkup Kebudayaan dalam pendidikan | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Hakikat Kebudayaan | ||||
2. Unsusr-unsur Kebudayaan | |||||
3. Peran pendidikan dalam kebudayaan | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | : 2 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan kedua. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 80 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 20 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 10 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 3 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Menjelaskan arah pendidikan menuju arah yang demokratisasi | ||||
2. Menjelaskan konsep pembelajaran berwawasan masyarakat | |||||
Pokok Bahasan | : Pembelajaran Berwawasan kemasyarakatan | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Arah baru pendidikan kearah demokratisasi | ||||
2. Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 3 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan ketiga. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 55 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 10 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 5 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
TUGAS TUTORIAL PERTAMA | 45 MENIT | ||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 4 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Menjelaskan satuan dan program pendidikan di masyarakat | ||||
2. Menjelaskan pendekatan pembelajaran dalam berbagai satuan pendidikan di masyarakat | |||||
Pokok Bahasan | : Satuan dan Program Pendidikan di masyarakat | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Satuan dan Program pendidikan di masyarakat | ||||
2. Pendekatan Pembelajaran dalam berbagai satuan pendidikan di masyarakat | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 4 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan empat. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 80 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 20 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 10 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 5 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Melakukan bimbingan terhadap WB Buta Aksara | ||||
2. Memotivasi Masyarakat agar senang membaca melalui TBM | |||||
3. Membimbing para pemuda melalui berbagai kegiatan dalam organisasi kepemudaan yang ada | |||||
Pokok Bahasan | : Program Keaksaraan, Taman Bacaan Masyarakat dan Kepudaan | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Program pemberantasan kebuta aksaraan | ||||
2. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat | |||||
3. Program Pembinaan Kepemudaan | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 5 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan lima. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 60 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 15 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 5 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
TUGAS TUTORIAL KEDUA | 30 MENIT | ||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 6 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Menjelaskan konsep dasar pembelajaran multikultural | ||||
2. Menjelaskan berbagai strategi pengelolaan pembelajaran multikultural | |||||
3. Menjelaskan prosedur pengelolaan pembelajaran multikultural | |||||
Pokok Bahasan | : Pembelajaran Multikultural | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Konsep dasar pembelajaran multikultural | ||||
2. Strategi pengelolaan pembelajaran multikultural | |||||
3. Prosedur pengelolaan pembelajaran multikultural | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 6 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan keenam. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 80 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 20 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 10 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 7 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Menjelaskan konsep lifeskills dalam pendidikan | ||||
2. Menguraikan jenis-jenis lifeskills menurut beberapa pendapat ahli pendidikan | |||||
3. Menjelaskan pola penyelenggaraan lifeskills yang berwawasan kemasyarakatan | |||||
Pokok Bahasan | : Muatan Lifeskills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. Konsep dasar lifeskills | ||||
2. Jenis-jenis lifeskills | |||||
3. Pola penyelenggaraan lifeskills yang berwawasan kemasyarakatan | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 7 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan ketujug. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 80 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 20 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 10 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN | |||||
SATUANAN AKTIVITAS TUTORIAL | |||||
( SAT 8 ) | |||||
Mata Kuliah / SKS | : PDGK4306 / PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN / 3 SKS | ||||
Semester | : VII ( tujuh ) | ||||
Nama Tutor | : Drs. Mursidin | ||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah | : Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial | ||||
serta dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat dilingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik, | |||||
pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. | |||||
Tujuan Instruksional Umum | : Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemikiran tokoh-tokoh pembelajaran berwawasan | ||||
kemasyarakatan; ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan; pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan melakukan | |||||
praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidilkan masyarakat dan menjelaskan model pembelajaran Sosial. | |||||
Tujuan instruksional Khusus | : 1. Menjelaskan model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan | ||||
2. Menjelaskan model pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan | |||||
3. Menjelaskan model pembelajaran mandiri dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan | |||||
Pokok Bahasan | : Model-model pembelajaran sosial | ||||
Sub Pokok Bahasan | : 1. model pembelajaran partisipatif | ||||
2. model pembelajaran kontekstual | |||||
3. model pembelajaran mandiri | |||||
Model Tutorial | : Patut I dan Patut II | ||||
Pertemuan Ke | ; 8 | ||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Media | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Pembukaan | Mendata kehadiran mahasiswa bersama dengan | 1. Memperhatikan dan bertanya pada | 10 menit | a. Spidol | |
meminta mahsiswa mengumpulkan pekerjaan rumah | tutor jika ada yang tidak jelas. | b. Whiteboard | |||
Menanyakan kesulitan yang dihadapi mahasiswa | 2. Mencatat hal-hal yang penting | ||||
ketika mengerjakan pekerjaan rumah dan secara | |||||
singkat dijelaskan solusinya. | |||||
Menjelaskan diskripsi singkat daan tujuan khusus | |||||
materi tutorial pertemuan lima. | |||||
Pengembangan Konsep | Mengajukan pertanyaan pada mahasiswa tentang | 1. Membaca ulang materi dalam modul | 60 menit | ||
materi modul yang akan ditutorialkan pada pertemuan | 2. Menjawab pertanyaan | ||||
( diharapkan mahasiswa sudah mempelajarinya di | |||||
rumah ). | |||||
Tahap | Rincian Kegiatan | Estimasi | Keterangan | ||
Kegiatan | Tutor | Mahasiswa | Waktu | ||
Memberikan penjelasan dan contoh soal tentang | 1. Mengemukakan permasalahan yang | ||||
materi modul atas pertanyaan yang diajukan | dihadapi ketika mempelajari modul | ||||
mahasiswa. | 2. Memperhatikan penjelasan tutor | ||||
melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat | Menjawab pertanyaan tutor. | ||||
pemahaman mahasiswa. | |||||
Penerapan | Memberikan soal sebagai latihan | 1. Mengerjkan soal | 15 menit | ||
Meminta beberapa mahasiswa untuk mempresentasi | 2. Secara aktif mempresentasi jawaban | ||||
kan jawabannya. | nya di depan kelas. | ||||
Penutup | Bersama mahasiswa menggaris bawahi konsep- | Bersama tutor menggarisbawahi konsep | 5 menit | ||
konsep penting yang harus dipahami dan diingat | konsep penting yang harus dipahami dan | ||||
mahasiswa. | ingat. | ||||
Memberikan pekerjaan untuk dikerjakan di rumah | Mencatat pekerjaan yang diberikan tutor. | ||||
Menugaskan kepada mahasiswa untuk mempelajari | Memperhatikan | ||||
materi dalam modul untuk pertemuan berikutnya. | |||||
TUGAS TUTORIAL KETIGA | 30 MENIT | ||||
Watukumpul, ………………………….. | |||||
Tutor | |||||
Drs. MURSIDIN |
Senin, 01 November 2010
SAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN
Langganan:
Postingan (Atom)